Breaking News

Para Siswi SMA di Gresik ini Punya Cara Ekstrim Peringati Hari Bumi

Para siswi pecinta alam dari SMA Muhammadiyah 8 Cerme, Gresik, memperingati hari bumi dengan melakukan hammocking di atas sungai Lamong, Minggu (23/4/2017).

SURYA.co.id | GRESIK- Generasi Muda Pecinta Alam (GEMPA) SMA Muhammadiyah 8 Cerme, Kabupaten Gresik, punya cara unik untuk memperingati Hari Bumi (Earth Day).
Dengan menggunakan hammock, mereka bergelantungan di atas Kali Lamong, tepatnya di bawah jembatan Desa Boboh, Kecamatan Menganti, sambil membentangkan spanduk bertuliskan : "Jembatan Ini Bukan Untuk Sampah."
Sebagian peserta aksi ini adalah para siswi pecinta alam. Meski mereka perempuan, tetapi terlihat tak ada sedikitpun rasa takut di wajah mereka saat bergantungan menggunakan hammock.
“Kelestarian bumi merupakan tanggung jawab bersama. Sebaiknya jangan ada yang buang sampah di sungai,” ujar Divisi Outbond GEMPA Angatan 10, Natasya Shafira kepada SURYA.co.id, Minggu (23/4/2017).

Menurut dia kegiatan yang dinamai hammocking ini juga sekaligus membersihkan sampah yang ada di sekitar bantaran Kali Lamong.
Menurutnya lagi, dia dan rekan-rekannya telah mempersiapkan sejak jauh hari untuk memastikan kegaitan itu berlangsung lancar dan aman.
“Nggak takut karena sudah terbiasa latihan vertical rescue seperti yang ada di sekolah. Tapi untuk rekan yang lain mungkin agak takut karena baru kali ini mencoba hammocking di atas sungai,” ungkapnya.
Siswi kelas XII menambahkan butuh usaha keras saat memasang tali pengaman utama ke besi PDAM yang ada di bawah jembatan. Setidaknya pihaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengikat tali ke pipa ditambah 15 menit untuk memasang hammock.
“Acara memperingati Earth Day juga ada kegiatan lain seperti menanam pohon dan mencabut paku di sejumlah pohon sepanjang jalan Raya Menganti,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Para Siswi SMA di Gresik ini Punya Cara Ekstrim Peringati Hari Bumi, https://surabaya.tribunnews.com/2017/04/23/para-siswi-sma-di-gresik-ini-punya-cara-ekstrim-peringati-hari-bumi.
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca

No comments