Breaking News

Asyiknya Bersih-Bersih Kali Lamong, Mengejar Sampah hingga Bergelantungan di Jembatan


Aktivis Gempa SMAM 8 Gresik ikut memberihkan lingkungan Kali Lamong. (Walidah/PWMU.CO)

PWMU.CO -Gerakan Pecinta Alam (Gempa) SMA Muhammadiyah 8 Gresik dan gabungan petugas OP Sungai Lamong membersihkan sampah sungai, Ahad (6/10/2019).
Kegiatan bersih-bersih sampah ini memperingati Bulan Bakti Lingkungan dan Sungai yang bertepatan dengan peringatan Word Habitat Day yang jatuh tanggal 3 Oktober 2019.
Aksi bersih-bersih ini dimulai dengan membersihkan bantaran sungai Lamong pada pukul 07.30.Mengambil sampah di pinggir kali, bawah jembatan. Sampah-sampah itu dimasukkan keranjang lalu diangkut ke truk.
Setelah semua lingkungan sungai bersih. Para siswa memasang spanduk larangan membuang sampah sembarangan di badan jembatan. Sampah itu dibuang oleh pengendara yang melintasi jembatan di atas sungai Lamong Gresik.
Rizal Adzka, pendamping Gempa mengatakan, pembersihan lingkungan termasuk memasuki selokan, gorong-gorong dan sungai yang banyak timbunan sampahnya.
”Sampah yang dikumpulkan tidak langsung dibuang, tapi dipilah dulu. Sampah yang bisa didaur ulang dikumpulkan untuk dijual. Hasilnya dijadikan modal kegiatan selanjutnya,” katanya.
Akmal, anggota Gempa mengatakan, seru juga harus kejar-kejaran untuk memungut sampah yang hanyut di aliran sungai. ”Kita juga sampai masuk ke sungai untuk mengambil sampah. Alhasil baju basah semua,” tuturnya.
Paling seru, sambung dia, ketika harus bergelantungan di tepi jembatan untuk memasang banner larangan buang sampah sembarangan. ”Walaupun memacu adrenalin tapi kegiatan ini aman. Kita pakai perlengkapan keamanan lengkap,” katanya. (*)
Penulis Chintia Rizki  Editor Sugeng Purwanto
sumber : https://pwmu.co/112437/10/07/asyiknya-bersih-bersih-kali-lamong-mengejar-sampah-hingga-bergelantungan-di-jembatan/ 

No comments