Breaking News

Gelar Workshop Literasi Digital, Berharap Siswa Tak Ngawur Menulis di Medsos

Ahmad Faizin memandu siswa SMAM 8 Gresik memakai medsos. (Cintia/PWMU.CO)
PWMU.CO-SMA Muhammadiyah 8 Gresik mengadakan Workshop Literasi Digital dan Karya Tulis bertempat di sekolah, Selasa (17/12/2019).
Acara diikuti oleh siswa. Hadir sebagai pembicara Ahmad Faizin Karimi, pegiat literasi digital. Dia memberikan materi jurnalistik dan karya tulis.
”Menulis berita adalah aktivitas datang ke lokasi, meliput, dan mengolah data menjadi tulisan layak terbit. Sedangkan untuk konten media sosial kita bermain foto, video atau tulisan singkat,” kata Faizin.
Bagi penulis pemula, sambung dia, semua diawali dengan informasi penting, yaitu 5W + 1H. What, who, where, when, why, dan how. Kalau saya menyebutnya Sakdimbal. Singkatan dari Siapa, Apa, Kapan, Di mana, Bagaimana, dan lalu akan dibawa kemana?” ujarnya.
Dia menambahkan, foto yang baik disajikan dalam media sosial seperti Instagram, yaitu foto yang menguasai hajat hidup orang banyak. Apapun jenis fotonya.
”Foto yang memiliki makna kemanusiaan akan lebih menarik, apalagi disesuaikan dengan isu terdekat. Misalnya di bulan Desember ini ada momen Hari Bela Negara. Sedangkan caption atau keterangan foto bisa dua kalimat yang mencakup 5W + 1H,” tuturnya.
Kepala Sekolah Emy Faizatul Afifah mengatakan, workshop ini memfasilitasi siswa dalam belajar menulis berita dan konten sosial sekaligus mengajarkan siswa agar menggunakan gadget dengan bijak.
”Dengan kegiatan ini saya berharap agar siswa memiliki kemampuan menulis yang benar sesuai dengan kaidah jurnalistik,” ujar Bu Emy, panggilan akrabnya. ”Semoga ilmu yang kalian dapat di sini bisa membantu meningkatkan kompetensi menulis.”  (*)
Penulis Chintia Rizki  Editor Sugeng Purwanto
sumber : https://pwmu.co/123635/12/23/gelar-workshop-literasi-digital-berharap-siswa-tak-ngawur-menulis-di-medsos/

No comments