Visi dan Misi

A.     Visi SMA Muhammadiyah 8 Cerme


Sekolah merupakan tempat belajar untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Oleh karena itu sekolah harus memiliki visi dan misi sekolah agar tujuan  dapat tercapai. Visi dan Misi sekolah yang baik akan bisa menginspirasi, memotivasi sekaligus memberikan kekuatan bagi seluruh unsur sekolah dan stake holder. Dirumuskan berdasarkan masukan dari segenap fihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah. Kemudian disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap fihak yang berkepentingan , ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat. Adapun visinya adalah :

”Terwujudnya sistem pendidikan di SMA Muhammadiyah 8 Cerme yang berwawasan ilmu pengetahuan, unggul, disiplin, inovatif, bermutu, islami dan berwawasan lingkungan hidup dengan sarana dan prasarana yang memadai”.

Indikator Visi :

1.        Terwujudnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

2.        Terwujudnya prestasi yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik

3.        Terwujudnya kedisiplinan dalam belajar dan beribadah.

4.        Terwujudnya kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengembangan pendidikan.

5.        Terwujudnya mutu lulusan yang berkualitas dalam persaingan ke jenjang pendidikan Tinggi maupun dunia kerja.

6.        Terwujudnya Pengembangan budaya dan prilaku yang  Islami sesuai dengan Al-Qur’an dan Al Hadist

7.        Terwujudnya pemanfaatkan lingkungan hidup secara produktif dan  bertanggung jawab

8.        Terwujudnya pengadaan sarana prasarana pendukung pembelajaran yang memadai.

B.       Misi SMA Muhammadiyah 8 Cerme


Meningkatkan kompetensi warga SMA Muhammadiyah 8 Cerme untuk mencapai keunggulan-keunggulan sebagaimana yang dirumuskan dalam Visi Sekolah.

Adapun Misi Sekolah adalah  :

1.    Mewujudkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

2.    Mewujudkan prestasi yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik

3.    Mewujudkan kedisiplinan dalam belajar dan beribadah.

4.    Mewujudkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengembangan pendidikan.

5.    Mewujudkan mutu lulusan yang berkualitas dalam persaingan ke jenjang pendidikan Tinggi maupun dunia kerja.

6.    Mewujudkan  Pengembangan budaya dan prilaku yang  Islami sesuai dengan Al-Qur’an dan Al Hadist

7.    Mewujudkan pemanfaatkan lingkungan hidup secara produktif dan  bertanggung jawab

8.    Mewujudkan pengadaan sarana prasarana pendukung pembelajaran yang memadai.

C.      Tujuan


Sebagai upaya untuk memberikan panduan dalam menentukan keberhasilan dari tujuan pendidikan yang ada di SMA Muhammadiyah 8 Cerme, makadiperlukan kerjasama yang baik dari semuafihak, untuk itu dalam menentukan dan menetapkan tujuan sekolah diperlukan beberapa sosialisasi ke semuapemangku kepentingan ( Stakeholders)supaya tujuan tersebut bisa berjalan dengan baik. Adapun tujuan disini terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah :

1.                  Tujuan Pendidikan Menengah

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.



2.                  Tujuan Sekolah

a.    Meningkatkan  kemampuan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan IMTAK.

b.    Menguasai materi pembelajaran sebagaimana tercantum dalam program pengajaran sehingga mampu berprestasi baik akademik maupun non akademik.

c.    Mengimplementasikan kedisiplinan belajar dan beribadah dalam kehidupan bermasyarakat.

d.    Memiliki pengetahuan dan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif untuk hidup dalam masyarakat.

e.    Memiliki kemampuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

f.     Memiliki akhlak dan budi pekerti luhur.

g.    Peserta didik memiliki sikap ramah dan peduli lingkungan sehingga mampu mewujudkan upaya pelestarian fungsi lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran serta kerusakan lingkungan hidup

h.    Memiliki sarana prasarana pendukung pembelajaran yang memadai.


Posting Komentar

0 Komentar